Pemilu Tanpa Kertas Suara

25 Mei 2010 20:33:15
Saat ini sedang terjadi Pemilihan Raya (Pemira) yang berlangsung hampir serentak untuk memilih ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) masing-masing. Puncaknya adalah masa pencoblosan yang biasanya identik dengan kertas suara. Tunggu dulu, adakah cara lain selain mencoblos di kertas suara?

Teknik Lingkungan, ITS Online – Selama dua hari berturut-turut mulai Senin (24/5), jurusan Teknik Lingkungan melakukan masa pencoblosan sebagai puncak dari Pemilu Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan (HMTL). Kursi tertinggi di HMTL tersebut diperebutkan oleh tiga orang kandidat yang akan dipilih langsung oleh warga jurusan Teknik Lingkungan. Ya, secara umum memang Pemilu Ketua HMTL ini terlihat biasa dan sama dengan HMJ lainnya.

Cobalah masuk ke dalam salah satu dari dua bilik suara. Jika memperhatikan lokasi pencoblosan di jurusan lain, tentu akan terlihat ada sepasang gabus dan paku yang digunakan untuk mencoblos di setiap bilik suaranya. Namun ada perbedaan yang cukup unik pada bilik suara kali ini. Tidak ada gabus atau paku, yang ada hanyalah sebuah laptop yang diletakkan di setiap bilik suara.

Mungkin orang yang tidak berasal dari jurusan tersebut akan merasa heran dan bertanya-tanya,”Koklaptop? Dimana paku dan gabusnya?”. Jawabannya, tidak ada. Pencoblosan pada Pemilu Ketua HMTL tahun ini bukan pencoblosan biasa. Tidak dengan paku dan gabus sebagai alasnya, melainkan dengan sebuah program yang sudah tersimpan pada setiap laptopnya.

Program ini dibuat langsung oleh mahasiswa jurusan Teknik Lingkungan khusus untuk Pemilu Ketua HMTL tahun ini. Hanya dengan mengetikkan password, nama, dan foto ketiga kandidat pun langsung muncul di layar laptop. Setelah memilih salah satu dengan cara meng-klik foto kandidat yang bersangkutan, secara otomatis program akan kembali ke tampilan awal. Praktis, suara pemilih secara otomatis akan terakumulasi sendiri tanpa perlu menghitung lagi secara manual.

“Kami memang sengaja melakukan terobosan terbaru untuk Pemilu Ketua HMTL pada tahun ini. Selain lebih efisien dalam hal waktu, tenaga, dan biaya, cara seperti ini juga lebih ramah lingkungan karena tidak menghabiskan benyak kertas,” ungkap Citra Indri Anggraeni selaku Panitia Pemilihan Umum Ketua HMTL tahun ini. Citra juga mengungkapkan bahwa besar keinginan HMTL agar HMJ dan BEM ITS bisa menggunakan cara serupa di tahun berikutnya. “Dengan cara ini, paling tidak kami sebagai mahasiswa jurusan Teknik Lingkungan dapat menjadi pelopor bagi yang lainnya agar lebih ramah lingkungan,” tutupnya (sat/bah)

http://galih.web.its.ac.id/berita.php?nomer=6987

About CM Community

Terima kasih telah berkunjung ke Blog kami. Berminat menulis disini? Kirim tulisan anda segera ke envirojournal@gmail.com.
This entry was posted in Organisasi kampus. Bookmark the permalink.

Tinggalkan Komentar Anda Disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s