Efek Rumah Kaca

“Jika penyebab pemasanan global adalah efek rumah kaca, sebaiknya pembangunan rumah kaca dilarang saja” kata seorang pejabat kepada wartawan. (ilustrasi: mungkin saja ada selentingan seperti ini yang dilontarkan oleh pejabat yang tidak mengerti, rumak kaca yang beliau maksudkan barangkali adalah rumah dengan dinding kaca)

Untuk itu, bukan tanpa alasan kali ini kami menuliskan artikel tentang efek rumah kaca. Tentunya menurut sudut pandang ilmiah. Tujuan utamanya adalah untuk menghindari terjadinya salah tafsur seperti ironi diatas.

Efek rumah kaca, yang pertama kali diusulkan oleh Joseph Fourier pada 1824, merupakan proses pemanasan permukaan suatu benda langit (terutama planet atau satelit) yang disebabkan oleh komposisi dan keadaan atmosfernya.

Efek rumah kaca disebabkan karena naiknya konsentrasi gas rumah kaca (misalnya: karbondioksida (CO2) dan gas-gas lainnya di atmosfer). Sebaiah besar ahli berpendapat, kenaikan konsentrasi gas CO2 ini disebabkan oleh kenaikan pembakaran bahan bakan fosil dan bahan bakar organik lainnya yang melampaui kemampuan tumbuhan-tumbuhan dan laut untuk menyerapnya. Sedangkan sebagian lagi menganggap kenaikan konsentrasi gas rumah kaca ini adalah proses alami dari perkembangan planet itu sendiri.

mekanisme terjadinya efek rumah kaca

mekanisme terjadinya efek rumah kaca

Mekanisme terjadinya efek rumah kaca dijelaskan dalam skema diatas. Secara sederhana dapat dijelaskan sebagai berikut : Sinar matahari dipancarkan dari matahari ke bumi, setelah sampai ke bumi, sinar matahari ini kembali dipantulkan. Namun hanya sebagian yang terpantul secara sempurna, sebagian lagi terserap oleh gas rumah kaca yang ada di atmosfer. Proses pemantulan sinar matahari ini terjadi terus menerus, dan berulang-ulang menyebabkan terjadinya akumulasi sehingga suhu di bumi menjadi panas.

Efek rumah kaca ini berdampak pada terjadinya Pemanasan Global, atau yang populer disebut Global Warming.

Orisinal writing by Enviroleeb.
Credit photo by link : http://duwdu.ngeblogs.info/2010/11/12/efek-rumah-kaca/
Daftar pustaka: http://id.wikipedia.org/wiki/Efek_rumah_kaca

 

About CM Community

Terima kasih telah berkunjung ke Blog kami. Berminat menulis disini? Kirim tulisan anda segera ke envirojournal@gmail.com.
This entry was posted in Global Warming and tagged . Bookmark the permalink.

Tinggalkan Komentar Anda Disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s