Tsunami Jepang

Tsunami Jepang

Tsunami Jepang yang disebabkan gempa bumi berkekuatan 9 skala richter telah merenggut puluhan ribu korban jiwa. Sampai saat ini 10.000 oreng dinyatakan meninggal dunia, dan 10.000 lagi dinyatakan hilang.

Titik Gempa

Titik gempa berada di sebelah timur pulau honshu tersebut mengakibatkan tsunami yang menghantam hampir seluruh pantai timur pulau tersebut. Gempa dan tsunami menyebabkan kehancuran di kota-kota besar sepanjang pesisir  pulau Honshu

Reaktor Nuklir di Jepang

Jepang merupakan negara maju yang memiliki banyak Reaktor Nuklir. Reaktor ini digunakan untuk berbagai tujuan, terutama untuk memenuhi kebutuhan listrik negara tersebut. Persebarannya di pulau Honshu cukup merata disetiap kota besar di Jepang. Gempa dan Tsunami merusak banyak reaktor nuklir di jepang. Setelah dihantam gempa dan tsunami, Jepang dihadapkan pada masalah radiasi Nuklir. Jutaan penduduknya terancam oleh radiasi nuklir tersebut

Reaktor Nuklir Jepang

  1. Api dan ledakan dijumpai pada bangunan reaktor 4 pada tanggal 15 Maret 2011 lalu. pada saat tersebut, dilaporkan radiasi reaktor ini terlalu tinggi untuk melakukan pekerjaan secara normal.
  2. Ledakan hidrogen terjadi di pengungkung reaktor 3. Ledakan tidak sampai merusak reaktor inti.
  3. Ledakan terjadi di reaktor 2. Batang bahan bakar dilaporkan fully exposed, memicu kekhawatiran terjadinyametldown. Kantor berita Kyodo melaporkan, batang bahan bakar mengalami kerusakan 33%.
  4. Ledakan terjadi di pengungkung sekunder reaktor 1. Kantor berita Kyodo melaporkan, sebanyak 70% batang bahan bakar mengalami kerusakan.
  5. Terobservasi bahwa level air telah turun sebanyak 40 cm, namun masih berada dalam batas normal. Temperatur air dalam fuel pool meningkat, namun masih dalam batas normal.
  6. Temperatur air dalam fuel pool mengalami sedikit peningkatan, namun masih dalam konsisi normal (Sumber tulisan : Tsunami Jepang, Kompas Kamis 24 Maret 2011)

Isi reaktor Nuklir

Meskipun memiliki teknologi yang maju dalam bidang Nuklir. Namun kerusakan beberapa reaktor Nuklir tidak bisa dianggap sebagai masalah enteng. Reaktor ini kebanyakan berada di kota besar yang padat penduduk. Reaktor fukushima menjadi sorotan media saat ini karena mengalami kerusakan paling parah dan radiasinya telah menyebar. Berita terakhir mengabarkan bahwa air ledeng disekitar reaktor telah tercemar radiasi sehingga dilarang penggunaannya untuk air minum.

Perkiraan penyebaran Radiasi

Radiasi nuklir di reaktor-reaktor nuklir jepang diperkirakan dapat menyebar sampai ke pantai barat amerika utara. Ini terjadi karena radiasi dapat menyebar melalui udara. dalam hal ini arah dan kecepatan pergerakan angin sangat mempengaruhi cepat atau lambatnya penyebaran radiasi

Peta pergerakan arah angin Dunia

******************

Populasi di sekitar radiasi Nuklir di jepang

Reaktor fukushima yang mengalami kerusakan paling parah karena terkena dampak gempa dan tsunami sekaligus. hal ini karena letaknya yang berada di pantai timur pulau Honshu. Radiasi nuklir dari reaktor ini membahayakan jutaan penduduk jepang

Dampak radiasi bagi manusia (foto 1)

Dampak radiasi bagi tubuh manusia (foto 2)

Dampak radiasi nuklir yang berlebihan pada tubuh manusia menyerang hampir semua sistem organ (Pencernaan, peredaran darah, reproduksi, pernafasan, otak, tulang) dalam tubuh manusia. Resiko paling tinggi adalah kematian dan cacat seumur hidup. Radiasi nuklir juga dapat merusak gen pada sperma dan sel telur sehingga dapat menyebabkan cacat turunan. Paparan radiasi nuklir tingkat tinggi menyebabkan penyakit-penyakit yang parah.

Write : Nurul Amin
Sumber foto : Tsunami Jepang, Kompas Kamis 24 Maret 2011

About CM Community

Terima kasih telah berkunjung ke Blog kami. Berminat menulis disini? Kirim tulisan anda segera ke envirojournal@gmail.com.
This entry was posted in Bencana, Geography, Geology and tagged . Bookmark the permalink.

Tinggalkan Komentar Anda Disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s