DIKSAR II ENVIRONMENTAL ADVENTURE

Penulis : Kayu Bakar
Editor : Nurul Amin

Ketika kamu bermimpi mendapatkan sebongkah intan, dan ketika kamu terjaga dari mimpimu lalu menyadari intan begitu jauh darimu, disitulah kami  hadir untuk menuntunmu menemukan intan yang hilang dalam mimpimu. Disini, didunia kita, dunia para “ORANG GILA”. Namun percayalah saudaraku, dalam “kegilaan ini” kita dapat menulis dan menceritakan kepada selaksa telinga bahwa ALAM BEGITU INDAH, bahwa PERSAUDARAAN BEGITU MANIS, bahwa TUHAN PENUH DENGAN CINTA. Itulah jalan untukmu saudaraku menuju SEBONGKAH INTAN yang kau cari.

Ini hanya sedikit cerita konyol yang menurut kami perlu dibagi untuk teman-teman sekalian., mungkin tak begitu penting bagi kalian., tapi tak apa-apalah membuang semenit dua menit membaca menemani sebatang rokokmu.

APA ITU PENDIDIKAN DASAR (DIKSAR)…?

Pendidikan dasar adalah proses atau fase menuju pendewasaan, lebih tepatnya DIKSAR adalah suatu tahap pelatihan yang harus dilewati siswa untuk menjadi seorang Anggota Muda Environmental Adventure yang bekennya disingkat dengan EA. Dalam tahap ini seorang siswa dilatih dan dididik menjadi pribadi yang tangguh dalam kemampuan fisik dan mental sesuai dengan prosedur standar pelatihan. EA mempunyai sedikit alasan yang menurut kami objektif, bahwa ketika fisik dan mental seseorang ditekan maka akan muncul karakternya yang asli, dari keaslian karakternya itu barulah kami dapat mendeskripsikan siapakah tokoh dibalik si A, si B ataupun si C. Setelah memahami personal karakteristik tersebut, kemudian kami membentuknya melalui cara pendekatan yang sesuai karakternya.  Bisa dikatakan DIKSAR adalah semacam permainan yang bermaterikan KEDISIPLINAN, SEMANGAT, EMOSI, KERJA KERAS, KEKOMPAKAN, KEBERANIAN, KEMANDIRIAN dan masih banyak hal lainnya yang kami kemas dalam satu produk yang disebut sebagai PERSAUDARAAN. Persaudaraan menjadi klimaks pendidikan dasar karena tanpa persaudaraan, organisasi kami dapat ngalor ngidul alias sembrawutan…..

MENGAPA HARUS PENDIDIKAN DASAR…?

Jawabannya kira-kira seperti ini : tanpa ada suatu training atau pelatihan orang tak akan pernah menyadari bahwa dia mempunyai kekuatan mental atau fisik yang kuat, dalam DIKSAR kami memperkenalkan kepada setiap siswa bahwa pada dasarnya setiap manusia mempunyai kekuatan  yang tak pernah sebelumnya disadari.

Dari kenyataan inilah kami mengarahkan setiap pribadi bahwa dalam DIKSAR yang notabene penuh tekanan mereka sanggup melewatinya. Bukan tak mungkin tanggungjawab kecil otomatis dapat mereka selesaikan baik dikampus, maupun dalam kehidupannya yang lain. So, From the tiny point alias dari point yang super kecil ini kami mengarahkan lagi pada dunia pecinta alam, bahwa dunia pecinta alam penuh dengan tantangan, penuh bahaya, penuh dengan resiko, tanpa ada pembentukan fisik dan mental yang baik orang sulit untuk menyelesaikan tantangan.Alam tak akan pernah bisa diajak bertoleransi, kita lah yang harus menyesuaikan diri dengan alam. Mulai dari proses aklimitasi (penyesuain suhu tubuh) sampai dengan memanfaatkan makanan yang tersedia di alam (suvival). Disinilah akan lahir kembali istilah kuno yang kira2 seperti ini “kenalilah alammu, baru kau bisa mencintainya”.  So, Pendidikan Dasar adalah proses mutlak yang harus diikuti seorang pecinta alam atau seorang ADVENTURER sebagai bekal dalam petualangannya yang lain.. jika ingin selamat perbanyaklah isi kepalamu dengan pengetahuan alam bebas sebagai bekalmu…

BEKAL APA SAJAKAH YANG DIBERIKAN SELAMA PENDIDIKAN DASAR…?

1. Pengenalan medan

Disini, para siswa dituntut untuk memahami dan mengenal tempat dilakukannya kegiatan. Mulai dari karakteristik medan, bentuk topography,tipe hutan, jenis tumbuhan dll, sehingga selama kegiatan pendidikan para siswa dapat memanfaatkannya semaksimal mungkin.

2. Pengembangan Diri

Untuk menjadi Anggota Environment Adventure, setiap siswa selalu dibekali dengan materi yang bertujuan dalam pengembangan pribadinya, mulai dari kedisiplinan, saling menghargai, kekompakan, kerjasama, spotivitas, profesional  dll. Hal ini bertujuan agar setiap anggota EA dalam menjalankan organisasi ataupun bekerja nanti, selalu berpedoman dengan prinsip-prinsip ini. Disinilah kami belajar menjadi pribadi  yang kuat dan berani memutuskan sesuatu dalam kondisi tertentu karena dalam dunia kerja selalu penuh dengan tantangan. Dan kami memulainya dari hal yang paling kecil.

 3. Materi Alam Bebas

Pada dasarnya materi alam bebas harus bisa dikuasai oleh setiap penikmatinya mulai dari :

  • Basic camping
  • Orientasi peta
  • Navigasi darat (nadar)
  • Membuka jalur
  • Survival
  • Managemen logistik
  • Managemen perjalanan
  • Dll

(Siswa sedang melakukan survival selama 2 hari tanpa diberi logistic, dengan memanfaatkan makanan disekitarnya siswa harus sanggup memenuhi kebutuhan perutnya)

4. Persaudaraan

inilah yang menjadi titik puncak dalam pendidikan dasar, dimana setiap siswa yang datang dengan bentuk dan corak yang berbeda dileburkan menjadi satu corak yang kami sebut dengan persaudaraan. Tanpa persaudaraan anda tak akan pernah memahami seperti apakah ENVIRONMENTAL ADVENTURE. Tanpa persaudaraan anda tak akan pernah mampu mengerti tangisan orang lain, tanpa persaudaraan anda tak akan pernah mengerti tawa orang lain. Begitulah cara kami mendeskripsikannya

APA YANG AKAN DIDAPATI SETELAH PENDIDIKAN DASAR…?

Hmmm….. klo soal yang satu ini mungkin tak bisa dijelaskan secara rinci karena setiap pribadi mempunyai otak, jantung, liver, empedu yang berbeda. Wkwkwkwk…… jadi jelaslah bahwa pendapatnya selalu berbeda-beda bukan…???

Tapi tentunya dalam keorganisasian ENVIRONMENTAL ADVENTURE, kami menghargai dan menghormati pengorbanan dan perjuangan keras saudara-saudara dengan melantik mereka menjadi ANGGOTA MUDA ENVIRONMENTAL ADVENTURE yang secara simbolik kami sematkan slayer (tronik) berwarna merah yang melambangkan SEMANGAT DAN KEBERANIAN yang telah mereka tunjukan selama proses pendidikan dasar.

Namun yang terpenting bukanlah slayer yang kami jadikan patokan, karena slayer hanya merupakan simbol atau lambang. Hal yang sebenarnya kami junjung tinggi adalah PERSAUDARAAN karena hal ini begitu mahal harganya dan tak dapat terbayarkan dengan benda apapun. Jadi jawaban untuk pertanyaan di atas adalah PERSAUDARAAN..

Mungkin ini hanya sedikit cerita konyol dari kami buat saudara-saudara sekalian semoga saja kekonyolan kami ini dapat membuat bibir kalian tersenyum indah, lebih indah lagi ketika kalian berada disamping kami menikmati bentangan lautan awan mengawali terbitnya mentari pagi dengan secangkir kopi hitam  ditangan dan sebatang rokok di jari…

                                                                                                      “KAMI SATU…………. “

                                                                            (catatan kaki kayu bakar)

DOKUMENTASI

About CM Community

Terima kasih telah berkunjung ke Blog kami. Berminat menulis disini? Kirim tulisan anda segera ke envirojournal@gmail.com.
This entry was posted in All. Bookmark the permalink.

Tinggalkan Komentar Anda Disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s