Ijin penyelenggaraan Prodi TL akhirnya keluar juga..!!!

Yogyakarta, 29 April 2011-Puji Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Setelah menunggu dua tahun, akhirnya Perpanjangan Ijin Penyelenggaraan Program Studi (PIPP) Teknik Lingkungan dikeluarkan oleh Ditjen Dikti melalui Kopertis Wilayah V yang berpusat di Yogyakarta.

Hal ini disampaikan oleh Herwin Lukito,  ST. M. Si, Sekretaris Prodi Teknik Lingkungan dalam pertemuan dengan mahasiswa Teknik Lingkungan pada hari Rabu (27/04) jam 7 (tujuh) malam di Ruang NAS DD 4 Kampus I UPN “Veteran” Yogyakarta. Beliau mengatakan bahwa ditjen dikti telah menyerahkan ijin PIPP TL kepada Kopertis Wilayah V pada hari Senin (25/04)

Hal senada juga disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Sari Bahagiarti Kusumayudha M. Sc selaku Warek I Bidang Akademik UPN “Veteran” Yogyakarta dan Ir. Bagus Wiyono, MT selaku kepala biro AAK UPN “Veteran” Yogyakarta kepada beberapa mahasiswa Teknik Lingkungan yang duduk di Organisasi Kemahasiswaan KM UPN “Veteran” Yogyakarta. Kabar gembira ini beliau sampaikan pada Rabu siang (27/04)

Sebelumnya PIPP Teknik Lingkungan mengalami hambatan karena rasio dosen : mahasiswa yang tidak proporsional. hal ini menyebabkan ijin yang telah diajukan tahun 2009 tidak dapat dikeluarkan. Kemudian, oleh pihak Universitas dan Jurusan diadakan penambahan dosen sehingga sekarang rasio dosen : mahasiswa telah mencukupi. Penambahan dosen ini ternyata tidak serta merta membuat ijin dapat keluar. Masih ada masalah lain yaitu NIDN (Nomor Induk Dosen Nasional), dimana dosen-dosen yang baru masuk belum memiliki NIDN. Memproses NIDN ini membutuhkan waktu yang tidak singkat.

Dengan keluarnya ijin ini, pihak pengelola prodi akan berkonsentrasi untuk mempersiapkan borang akreditasi dan mengirimkannya ke BAN-PT. Herwin Lukito, ST. M. Si mengatakan akan berusaha semaksimal mungkin agar borang akreditasi tersebut dapat dikirim maksimal pada bulan Juni 2011 ini. Beliau juga mengatakan, sebenarnya borang akreditasi sudah siap. Namun, masih perlu direview dan menyesuaikan dengan keadaan sekarang. Selain itu juga dikatakan bahwa ada beberapa bukti fisik prasyarat pengajuan akreditasi yang harus diperkuat.

Mahasiswa teknik Lingkungan menyambut kabar menggembirakan ini dengan sukacita. Namun, fokus utama tetap kepada Akreditasi Teknik Lingkungan. Mahasiswa Teknik Lingkungan akan terus mengawasi perjalanan menuju Akreditasi ini

Dalam pertemuan, Nanda, selaku Komandan Tingkat angkatan 2008 menyerahkan sebuah stiker simbolis berbunyi “KATAKAN HARUS UNTUK AKREDITASI”. Dia mengatakan bahwa ini adalah salah satu bentuk dukungan mahasiswa Teknik Lingkungan dalam perjuangan memperoleh akteditasi TL. Herwin Lukito, ST. M. Si menerima stiker tersebut dan mengatakan bahwa stiker simbolis itu adalah pemacu semangat baginya dan pihak pengelola yang lain untuk lebih konsentrasi dan bersemangat dalam memperjuangkan Akreditasi TL.

Pertemuan yang berlangsung sampai Jam 8.30 malam itu sejatinya merupakan pertemuan terbatas. tetapi akhirnya pertemuan tersebut menjadi pertemuan lintas angkatan. Turut hadir perwakilan dari angkatan 2010 sampai angkatan 2005. selain itu, yang membuat pertemuan ini menjadi istimewa adalah hadirnya empat orang alumni Teknik Lingkungan dari angkatan 2002. Hal ini mengisyaratkan bahwa mereka memiliki kepedulian yang besar pada prodi Teknik Lingkungan. Mereka masih menyempatkan hadir dalam pertemuan tersebut walaupun memiliki banyak kesibukan dan tuntutan kerja ditempat lain.

Selain membahas masalah akreditasi, pertemuan ini juga membahas masalah internal didataran mahasiswa, antara mahasiswa dengan pengelola, masalah HMTL, Mubes, dan masalah perkuliahan. Terlihat antusias yang cukup baik pada saat sesi sharing dan tanya jawab antara pengelola dengan mahasiswa. Sementara itu, perwakilan Alumni teknik Lingkungan menyampaikan harapan-harapannya tentang Teknik Lingkungan kepada pengelola. Semoga dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk kemajuan Teknik Lingkungan.

Pada Jam 8.30,  pertemuan yang dipandu oleh Hasan Muzakkir, selaku moderator ini ditutup dengan doa dan menyanyikan Mars Teknik Lingkungan. (EJ)

About CM Community

Terima kasih telah berkunjung ke Blog kami. Berminat menulis disini? Kirim tulisan anda segera ke envirojournal@gmail.com.
This entry was posted in Organisasi kampus. Bookmark the permalink.

Tinggalkan Komentar Anda Disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s