LAGI..dan Lagi Sampah

Oleh : Erick Debeturu

TPS Pringwulung Mrican CT

Serakan sampah dimana mana sudah menjadi hal biasa dalam kehidupan masyarakat  Indonesia pada umumnya, kebutuhan akan lokasi pembuangan sampah yang kurang   memerhatikan kondisi fisik lingkungan serta lokasi pembuangan yang kurang tepat dan kurangnya memperhatikan kemampuan lahan dikhwatirkan bisa mencemari lingkungan dan pengelolaan sampah yang tidak efisien. Begitu juga didaerah sekitar Yogyakarta bagian utara Pringwulung Dusun Mrican, Catur  Tunggal yang merupakan terdapat tempat pembuangan sementara sampah (TPS), dari sekian banyak tempat pembuangan sampah yang berada di sekitaran Yogyakarta, TPS ini adalah salah satu tempat yang dimana kurangnya perhatian dari pemerintah setempat akan kelayakan.  Padahal, bila dilakukan pengamatan langsung dilapangan, sebenarnya tempat tersebut tidak layak untuk di jadikan sebagai tempat pembuangan sementara (TPS), dikarenakan menganggu kenyamanan  masyarakat sekitar TPS dan mengganggu kestabilan lingkungan disekitar tempat tersebut, disisi lain tempat pembuangan sementara berada  dan berbatasan langsung dengan aliran sungai Gajauwong,dan terdapat juga beberapa kompleks perumahan dan tempat umum lainnya.

Sekilas mungkin tidak menimbulkan dampak secara langsung, tapi dari aspek kesehatan masyarakat sangat berpengaruh, di sisi lain mengganggu kelestarian air sungai yang mengaliri disekitar tempat pembuangan sementara sampah (TPS), bagi masyarakat sekitar air kali tersebut merupakan salah satu kebutuhan masyarakat sekitar untuk keperluan-keperluan  irigasi,mandi,mencuci,ternak.

Dilihat dari pengelolaan TPS masih jauh dari mekanis pengelolaan yang sebenarnya, karena sampah-sampah di TPS tidak dilakukan pemilahan atau pendaurulang dan pengangkutan secara kontinyu untuk di pindahkan ke TPA, menurut seorang warga TPS ini agak meresahkan warga jika saat hujan, bau dari TPS tersebut menyebar sampai 500 meter, ia juga menambahkan bahwa TPS tersebut telah dilarang oleh warga untuk pembuangan sampah dalam skala besar, pengangkutan sampah dari TPS ke TPA hanya dilakukan satu kali dalam sehari yaitu sore hari sedangkan sampah yang masuk ke TPS melebihi kapasitas, jika dibandingkan dengan pengangkutan hanya sekali dalam sehari. Selain bau dari TPS tersebut, juga mempengaruhi kualitas air sungai dan mengganggu aktivitas masyarakat disekitarnya. Maka bukan lagi perhatiaan tapi keprihatinan akan kondisi fisik lingkungan sekitarnya, agar masalah-masalah seperti ini bisa dikendalikan oleh semua pihak yang merasa bertanggungjawab. (EJ)


About CM Community

Terima kasih telah berkunjung ke Blog kami. Berminat menulis disini? Kirim tulisan anda segera ke envirojournal@gmail.com.
This entry was posted in Environment Health and tagged . Bookmark the permalink.

2 Responses to LAGI..dan Lagi Sampah

  1. salikun says:

    mengatasi sampah harus dipilah,diolah diapakan lagi,selamanya kalo itu yg.programkan tidak akan berhasil,masyarakat itu sdh sibuk dgn.aktivitasnya sendiri,bukan ahlinya mengolah sampah,karena sdh.tahu mengolah sampah untuk apa,cara mencape berhasil,anggap saja sampah menjadi dua bagian,sampah bermanfaat biarlah itu hak pemulung,yg.gak bermanfaat itulah yg.seharusnya diatasi,masih gak bisa buka Teknologi Pemusnah Sampah,tanpa bahan bakar apapun,namun dpt.memusnahkan segala macam sampah meskipun kondisi basah dan busuk.Mhn.maaf yaaaaa.

  2. enviroleeb says:

    trims atas comment nya mas salihun.
    iya, memang benar masyarakat kita sangat sibuk. tapi mungkin kita dapat belajar dari warga minamata, Jepang. mereka memilah sampah bahkan sampai 20 kali pemilahan lebih. lihat artikelnya di Satu minamata sudah cukup

    EJ sepakat, sampah yang bernilai biarlah menjadi hak pemulung, seperti yang pernah EJ tulis di Dilema pemulung, dibutuhkan atau dihinakan?

    Salam hangat dari segenap Anggota EJ
    by : Admin

Tinggalkan Komentar Anda Disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s