BUDAYA ASLI VERSUS BUDAYA LUAR

Indonesia memiliki kebudayaan yang beraneka ragam. Indonesia kaya akan kebudayaan. Namun sekarang kita dapat melihat dan menyaksikan apa yang terjadi di Negara kita ini. Kita sendiri dapat merasakan apa yang sedang terjadi di Negara tercinta ini.

Indonesia terkenal akan kebudayaannya. Akan tetapi apa yang kita lihat sekarang. Indonesia seakan – akan mengabaikan dan mengesampingkan budaya yang telah lama ada di Indonesia kita ini.

Kebudayaan Indonesia seolah – olah hanya kenangan manis yang pernah ada di Indonesia ini. Kenapa itu bisa terjadi….?

Kebudayaan barat yang masuk dan berkembang di Indonesia tanpa melalui proses filterisasi, sehingga kebudayaan asli Indonesia hanya tinggal kenangan.

Kita tentu telah melihat berbagai kasus tentang tempat – tempat sejarah yang ada di Indonesia. Peralihan fungsi cagar budaya. Kurangnya kesadaran kita menjaga dan merawat kebudayaan Indonesia. Tarian Indonesia seperti topeng dari Jakarta, tari saman dari aceh, tari andung dari Bengkulu, serta tari – tarian lain yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia kini terasa asing di telinga kita.

Mari kita tanyakan kepada diri kita sendiri. Apakah kita pernah melihat tari – tarian tersebut? Apakah anak muda masa kini bisa menarikan tari – tarian dari daerah mereka?

Hanya sebagian kecil bahkan teramat kecil. Anak muda masa kini lebih tertarik dengan breakdance, tari balet dan tari – tarian lain yang lebih berkelas menurut mereka.

Mari kita lihat pada busana asli Indonesia yaitu kebaya. Apakah anak muda saat ini mau menggunakan kebaya….? Kebanyakan dari mereka mengatakan malu karena mirip seperti ibu – ibu. Mereka lebih memilih tank top sebagai pakaian mereka.

Mari kita lihat lagi corak asli buatan Indonesia yaitu batik. Batik sangat terkenal di luar negeri tapi di negaranya sendiri batik hanya digunakan pada saat – saat tertentu.

Kurangnya kesadaran masyarakat Indonesia menjaga dan melestarikan kebudayaan asli Indonesia sehingga Negara lain dengan gampang mengklaim itu milik mereka. Tentu kita pernah mendengar kasus tersebut.

Tentu kita semua tidak ingin kebudayaan kita direbut oleh negara lain. Oleh karena itu JAGALAH DAN LESTARIKAN KEBUDAYAAN ASLI INDONESIA…!!! (Butet/EJ)

About CM Community

Terima kasih telah berkunjung ke Blog kami. Berminat menulis disini? Kirim tulisan anda segera ke envirojournal@gmail.com.
Gallery | This entry was posted in Cultural Herritage. Bookmark the permalink.

One Response to BUDAYA ASLI VERSUS BUDAYA LUAR

  1. Nurul Amin says:

    Keren butet…..
    Lanjutkan dengan piramida terbalik ya..hehe
    Biar editor lebih ringan kerjanya ^_^

Tinggalkan Komentar Anda Disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s