Bagaimana mengisi Liburan 2011?

Yogyakarta, 12 Juli 2011-Minggu kedua dan ketiga bulan Juli adalah masa ujian di Kampusku. Dua minggu jadwal diacak, masing-masing mahasiswa mendapatkan jadwal ujian yang tersebar dalam dua minggu itu. Setelah itu akan ada remidial**, lalu Libur panjang. 

Kampusku akan aktif kuliah lagi pada bulan September. Meskipun bagi mahasiswa baru, bulan agustus mereka harus menjalani masa orientasi/pengenalan kampus. Tidak begitu halnya bagi mahasiswa lama. Jeda antara bulan juli-september sekitar satu bulan lebih. Dimana dua minggu diantaranya kemungkinan akan diisi dengan remidial (bagi yang mengambil).

Nah, akan diisi dengan kegiatan apa sekitar tiga-empat minggu sisanya?
Banyak cara mengisi liburan. Berikut ini EJ memberikan beberapa alternatif mengisi liburan ala mahasiswa :

  1. Pulang kampung, bertemu keluarga. Hal ini sangat lumrah dilakukan mahasiswa/i perantauan. Setelah sekian lama tak bertemu orang tua dan sanak saudara, masa liburan menjadi sangat diharapkan. Saat yang singkat ini dapat dimanfaatkan bersama keluarga tercinta
  2. Melakukan bacpacking, traveling, touring ke berbagai tempat yang ingin dikunjungi. Bisa dikatakan ini adalah agenda yang berbau wisata. Buat kamu yang tidak ingin pulang kampung, belum rindu pada keluarga tercinta, atau merasa tanggung pulang dengan waktu liburan yang ada, alternatif ini dapat dipilih. Banyak tempat diseluruh Indonesia ini yang indah, historis dan menanti kedatangan kamu. Jadi, kapan lagi waktu yang tepat selain saat liburan?
  3. Ikut pelatihan, kursus, seminary, melakukan penelitian ilmiah. Opsi ini khusus buat kamu yang punya budget lebih, tak ingin pulang kampung, tapi tak ingin waktu liburan terbuang sia-sia. Beberapa kegiatan bermanfaat yang menambah wawasan, pengetahuan, dan ilmu seperti diatas memiliki kepuasan tersendiri bagi mereka yang menyukainya. So, alternatif ini layak kamu coba
  4. Ikut proyek dosen. Nah, opsi ini biasanya diambil oleh mereka yang suka ilmu pengetahuan yang didapat langsung lewat praktek. Pada saat libur maupun tidak, biasanya ada saja dosen yang mengerjakan proyek. Kamu dapat ikut mereka untuk menambah keahlian dibidang yang kamu suka. Selain itu kamu juga belajar menjadi pekerja yang profesional. Syukur-syukur ada uang lelah yang kamu peroleh dari proyek ini
  5. Bisa juga dengan bekerja. Bagi kamu yang tidak pulang, penggila kerja, atau yang ingin mendapatkan pengalaman kerja langsung, dapat memilih alternatif ini. Saat liburan adalah saat dimana karyawan pulang kampung, jadi peluang kamu untuk diterima sebagai pegawai sementara sangat terbuka. Dengan bekerja kamu akan merasakan bagaimana caranya mencari uang dan menikmati penghasilan dari jerih payah sendiri
  6. Atau bisa juga kamu memilih alternatif tetap tinggal di rumah/kontrakan/kos tanpa pulang kampung, tanpa kerja, tanpa kesibukan yang berarti. Ini adalah pilihan terjelek yang bisa kamu ambil.

Sebenarnya masih banyak pilihan lain, namun secara umum adalah enam pilihan diatas. Bagaimana kesan diliburan kamu kali ini, kamu sendirilah yang menentukan. So, rencanakan dari sekarang, lalu realisasikan saat liburan nanti. (Nurul Amin/EJ)

Selamat menanti Liburan…!!!

** : Remedial adalah ujian untuk memperbaiki nilai yagn belum memenuhi standar kelulusan

About CM Community

Terima kasih telah berkunjung ke Blog kami. Berminat menulis disini? Kirim tulisan anda segera ke envirojournal@gmail.com.
Gallery | This entry was posted in Motivation Story. Bookmark the permalink.

Tinggalkan Komentar Anda Disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s