OSPEK Bulan Puasa (Lagi)

Yogyakarta, 12 Juli 2011-PKK (pengenalan kehidupan kampus) di UPN kembali dilaksanakan pada bulan puasa. Berdasarkan Skep Rektor No: 93/vi/2011*) PKK akan diselenggarakan pada 23-24 Agustus 2011, lima hari sebelum Idul Fitri**). Hal ini mengulang momen dua tahun sebelumnya secara berturut-turut.

Pada tahun 2009 dan 2010, PKK di UPN juga digelar pada bulan Puasa (Baca : Ramadhan.pen). Padahal, dua tahun tersebut telah terjadi penolakan dari mahasiswa, namun aturan ini tetap dipertahankan hingga tahun 2011 ini.

Skep Rektor ini keluar pada tanggal 24 Juni 2011, lima hari setelah Rakornis, atau nama resminya Lokakarya bidang kemahasiswaan UPN diselenggarakan. Sayang sekali, surat keputusan baru diketahui oleh mahasiswa pada Awal Juli 2011. Padahal, pada tanggal 28 Juni 2011, mahasiswa UPN mengadakan Kongres XII KM UPN “Veteran” Yogyakarta.

Menurut, salah seorang anggota DPM yang ketika itu menjabat, mengenai waktu pelaksanaan PKK ini telah dia tanyakan kepada pengelola kampus dua hari sebelum Kongres XII digelar, namun ketika itu pengelola kampus belum memberi jawaban yang jelas. Padahal melihat kenyataan yang ada, sangat jelas di Skep tertera tanggal 24 Juni 2011. Apa skep itu sengaja disembunyikan agar tidak dibahas oleh mahasiswa pada saat Kongres XII? Atau pengelola kampus ingin bermain kucing-kucingan dengan mahasiswa? Entahlah

Di tempat terpisah, Youth Center Jombor, tempat pelaksanaan Kongres XII, sebenarnya telah terjadi beberapa perdebatan tentang PKK. Namun tidak ada pembahasan yang rinci mengenai konsep dan teknis mengingat belum diketahuinya waktu PKK yang pasti. Semua peserta mengira PKK akan diselenggarakan pada bulan September (Setelah Idul Fitri. pen). Kesepakatan waktu itu, masalah PKK akan dibahas pada rapat antar Organisasi Kemahasiswaan (OK) setelah Kongres XII selesai

Mengetahui kenyataan ini sepertinya Pemimpin-pemimpin OK yang baru menjabat merasa tertipu. Setelah kalah dalam pembahasan PKK di Rakornis, kini OK kembali harus menelan pil pahit dimana waktu PKK ternyata telah diputuskan tanpa keterlibatan OK dalam pembahasan. Sungguh miris sekali, semakin lama keterlibatan OK dan mahasiswa dalam PKK semakin dikurangi

Lebih parah lagi, bukti tak otentik ***) bahwa penetapan waktu PKK ini terkesan disembunyikan telah muncul kepermukaan. Beberapa pengurus OK mendapat laporan bahwa waktu dan teknis PKK ternyata telah disosialisasikan kepada mahasiswa baru (maba) 2011 dalam paket pendaftaran ulang. Kini pengelola kampus menang  3-0 atas OK. 1-0 saat Rakornis, 2-0 saat penetapan waktu PKK, dan 3-0 saat sosialisasi waktu PKK telah sampai ke maba 2011.

Sosialisasi tanpa pelibatan OK atau dikatakan beberapa pengurus OK sebagai sosialisasi sembunyi-sembunyi alias terselubung ini sebenarnya bukan barang baru. Tahun 2010 lalu juga terjadi hal yang sama. Bahkan ketika itu sosialisasi baru diketahui dua minggu sebelum PKK dimulai. Kepala biro AAK yang ketika itu baru menjabat enggan bertanggungjawab, padahal jelas sekali disurat itu ada tanda tangan beliau. Lagi-lagi OK mengulangi kesalahan yang sama.

Akibatnya?
Mengingat kejadian tahun lalu, dimana waktu PKK tidak bisa diundur lagi, walaupun mahasiswa telah menuntut sampai tingkat unjuk rasa menduduki gedung Rektorat, maka kemungkinan tahun ini juga terjadi hal yang sama. Alasannya sangat klasik, yaitu kalender akademik dan Skep yang telah diputuskan tak bisa diganggu-gugat. Bukankah kalender akademik dan Skep “Bukanlah Kitab suci” yang tak bisa direvisi?

Jika tahun lalu mahasiswa masih dapat menyelamatkan “konsep dipegang penuh” oleh mahasiswa, maka tahun ini kemungkinannya hampir pasti. Konsep akan dibuat bersama dan kepanitiaan pun akan dilakukan bersama-sama. Hal ini telah jelas dibahas dalam Rakornis yang tidak menguntungkan posisi mahasiswa itu. Dimana konsep dan teknis PKK telah diatur oleh pengelola kampus sedemikian detailnya.

Lalu?
Apakah akan terjadi unjuk rasa lagi? Mungkin ya, mungkin juga tidak. Tergantung pembahasan. Apakah mahasiswa akan memegang penuh Konsep dan teknis PKK? Jelas tidak. Jika ya, itu berarti mukjizat Yang Maha Kuasa. Lalu bagaimana? Tidak tahu. Kemungkinan mahasiswa akan berbagi pekerjaan dalam PKK ini, tentu dalam porsi yang tak seperti dulu.

Lalu bagaimana dengan panitia?
Setelah sempat berharap banyak bahwa PKK kali ini jatuh pada hari normal, kini harapan itu sirna seketika. Tepatnya sirna sejak tanggal 24 Juni 2011. PKK lagi-lagi jatuh di hari puasa, dimana banyak mahasiswa baru menahan lapar dan emosi.

Banyak panitia, ataupun calon panitia harus merencanakan kembali jadwal pulang kampung dan jadwal kembali ke Jogja. Sampai sekarang tidak ada kejelasan mengenai Konsep dan teknis, masih sama seperti tahun lalu. Panitia hanya bisa menunggu kejelasan konsep dan teknis, lalu bergerak cepat menyiapkan segalanya untuk PKK tahun ini. Pontang-panting seperti kuda pacu. Improvisasi disana-sini, menyesuaikan dengan kejelasan yang nanti mungkin ada. Berjuang setengah mati demi kesuksesan acara PKK. Hebat..!!!

Begitulah kondisinya, semoga saja menjadi lebih baik disisa waktu yang ada. Berharap keberuntungan dan kemenangan diberikan oleh mereka, tanpa kita berdiri untuk mendapatkannya, rasanya sebuah kemustahilan dalam kondisi sekarang ini. Semua tergantung yang memilih, semua ini adalah pilihan. Selamat berjuang. (Nurul Amin/EJ)

“Kita takkan memperoleh yang kita inginkan, jika tidak kita sendiri yang berusaha meraihnya”

Note:
*) jika nomor skep nya salah, harap dikoreksi
**) kemungkinan Idul Fitri jatuh pada hari Selasa, 30 Agustus 2011
***) laporan lisan

About CM Community

Terima kasih telah berkunjung ke Blog kami. Berminat menulis disini? Kirim tulisan anda segera ke envirojournal@gmail.com.
Gallery | This entry was posted in Organisasi kampus. Bookmark the permalink.

41 Responses to OSPEK Bulan Puasa (Lagi)

  1. hijrah says:

    klw gtu kta balas lgsg 3-3 taw ga 3-4 untuk mahasiswa….

  2. enviroleeb says:

    Ayo kita balascepat, bentar lagi injury time😀

  3. 123456 says:

    jangan sampai ospek bln puasa…kami siap boikot ospek upn yang menyalahi aturan skp apaan tuh…ospek kok bln puasa……DPM harus di koordinasi.
    ospek harus di barengi seluruh UNIVERSITAS DIY

    ttd

    DPM KOODR SELATAN

  4. enviroleeb says:

    Mantap…!!!
    Mahasiswa/organisasi mahasiswa memang harus tegas untuk mencapai progress kinerjanya.

    Update terbaru : berdasarkan hasi Rapim (rapat pimpinan) UPN, ospek dilaksanakan pada tanggal 7 September 2011 (Seminggu setelah idul Fitri)

  5. cahaya says:

    permisi kakak admin
    saya maba baru thn ini
    mw numpang nanya itu ospek tgl 7 september udh psti yah kak??
    trima kasih kak sblm nya🙂

  6. enviroleeb says:

    iyaa adek…..udah pasti🙂
    datang yahhh..seru kok….🙂

    btw adek ni jurusan apa?

  7. cahaya says:

    teknik lingkungan kak🙂
    trus ada info lain lagi gak kak??
    maklum saya bukan tgl di jogja jdi aga ketinggalan info penting😀

  8. enviroleeb says:

    Owh…
    Untuk sementara belum ada dek.
    Memang sekarang g d jogja?
    Adek darimana?
    Sering di Cek aja infonya dek, yang pasti baru tanggalnya itu
    nanti mungkin ada perkembangan ttg atribut dan jadwal ospeknya ^_^

  9. cahaya says:

    saya dari sumatra selatan kak
    hehe..
    tapi ini skrg udh di jogja
    tadi baru selesai utk daftar ulang dan daftar utk ospek

  10. enviroleeb says:

    Owh..bagus lah ^_^
    by the way, add fb Environment Jounalist ya
    d http://www.facebook.com/Environment.Journalist
    nanti ospek jurusan ad pengumumannya sendiri kok😀

  11. thea says:

    : maaf ka, mau tanya. kalender akademik upn jogja kira2 kapan keluarny ya?
    soalny saya bingung, mau pesen tiket pulkam ..
    terus soal ospek, saya tadi baru baca posting kk. untung baca juga comentny.
    sampe nda bisa tidur k, soalny udah terlanjur beli tiket 21 agustus.
    jadi bener tanggal 7 kan, k?
    ditunggu infony ya, k ..^^’

  12. enviroleeb says:

    Kalender akademik UPN itu keluar jika sudah bayar DPP I kalo g salah dek.
    Kalo mahasiswa lama, biasanya setelah ada KTM. Tapi kalo mahasiswa baru, setelah bayar DPP 1. Itu bisa diminta di bagian pendaftaran.

    Iya bener, tanggal 7 September mulai Ospek nya.
    Oya, adek sudah daftar ospek belum?
    kalo belum, daftar aja dlu di Auditorium kampus I, pojok bursa/ruang BEM.

    Ohya, makasih ya dah berkunjung d blog EJ ^_^😀

  13. cahaya says:

    itu link ke FB nya y??
    iya ntr di add
    makasihh banyak yah kak🙂

  14. enviroleeb says:

    Iya, itu link ke fb nya…
    yups sama-sama cahaya…
    kalo ada yang mau d tanya lg jgn sungkan😀

  15. thea says:

    : saya sudah daftar ulang n bayar DPPny juga kak. Tapi waktu saya minta kalender akademik, katanya awal agustus aja disuruh balik lagi.

    Ooo .. syukurlah kalo tanggal 7 ^.^’
    Wah, belum kak.Itu daftarny ada persyaratanny lagi atau tinggal daftar aja, kak? Terus, paling lambat kapan ya?
    Heheee, maaf ya kak. Nanya’ny banyak ..^^’

    Iya, kak. Saya malah yg makasih. Untung ada blog kakak :))

  16. cahaya says:

    kak,, itu link nya gak bisa dibuka
    alias Halaman yg anda tuju tidak ditemukan
    itu bener link nya yah kak??

  17. enviroleeb says:

    hehe..sory deh..salah tuh..ini yang bener dek… maaf-maaf😦
    http://www.facebook.com/Environmental.Library
    wahh…coba lg ya dek😀

  18. enviroleeb says:

    Kalo daftarnya terakhir kayaknya pertengahan Agustus. Tapi lebih cepat lebih baik, biar ga ad beban. Masih d Jogja juga kan😀

    Iya mungkin blom d cetak kali ya? aq jg blom liat anak-anak ambil kalender akademik.hehe
    Kalender akademik ga terlalu d pake kok dek sehari-harinya😀
    emank buat apa?
    Ohya, adek ni masuk jurusan ap n drmana asalnya?😀
    Syukurkah kalo blog ne membantu…hehe🙂

  19. catt says:

    thank’s infonya , blognya membantu jantung saya ga copot hehe

    kirain ospeknya pas bulan agustus , akunya ga di jogja soalnya
    makasih🙂

  20. enviroleeb says:

    Iya sama-sama😀
    mas/apa mbak?
    Ospeknya tanggal 7 September kok🙂

  21. catt says:

    saya mbak , adek malahan😀
    klo situ ?

    wah sipp dah , nikmatin vacation dulu sblum jd mahasiswa hihi
    oya , ospeknya mesti pke baju apa ya ?
    thx again😀

  22. catt says:

    wah komenku hilang hehe
    saya mbak , adek malah😀
    situ mas apa mbak ?

    bner nih ? aseeek
    masi bisa nikmatin vacation dulu sblum jdi anak kuliah
    oya , mesti pke baju apa ya klo ospek ?

    thx again😀

  23. sigit says:

    wah. trima kasih atas infonya. sngat membantu. soalnya lagi gag d jgja.

    salam kenal dri maba teknik lingkungan.🙂

  24. sigit says:

    jurusan apa?

  25. Baby Corp says:

    Sekedar info OSPEK tahun 2011 di UPN “Veteran” JATIM dilaksanakan tanggal 5 september alias setelah bulan puasa, apabila di JOGJA diadakan sebelum hari raya / pada saat bulan puasa, lebih baik boikot saja jangan pernah mau mengurusi OSPEK untuk para organisasi kemahasiswaannya…SALAM SOLIDARITAS ORMAWA

  26. enviroleeb says:

    Daftar ospek dlu to😀
    ntar atributnya dikabarin oleh panitia🙂
    sy cowok🙂
    adek ambil jrusan apa?dari mana asalnya🙂

  27. enviroleeb says:

    Iya, salam kenal kembali
    Sy jg dari TL🙂
    Silahkan daftar ospek dlu. atau titip sama temennya yang ada di jogja🙂
    kalo g salah daftar ospek terakhir tanggal 20-an agustus
    Kamu dr darimana aslnya?

  28. enviroleeb says:

    Iya, d UPN Jogja juga setalah lebaran kok. Tanggal 7 September 2011
    Pd tulisan ini d posting, ospek masih tgl23-25 Agustus.
    Setelah itu ada RAPIM dan Ospek pun d undur sampe tanggal 7 Sept😀
    Thanks ya supportnya
    Salam kenal😀

  29. catt says:

    loh pke daftar ? hehe
    maklum anak SMA gatau apa2😀

    oh gtu toh , sampe tgl 20 agustus yaa mas ?

    aku maba jur administrasi bisnis mas , masnya ?
    aku dari surabaya tp mau pindah k jogja🙂

  30. catt says:

    oya mas , bole minta nomernya ga ?
    klo bole loh , klo ga jg gpapa

    maaf ya sbelumnya , soalnya aku ga ada temen knalan sama skali😦
    thx🙂

  31. enviroleeb says:

    owh jurusan AB to..
    boleh kok..ni save aj 085x xxxx xx07😀
    Sy prodi teknik Lingkungan
    Iya dong pake daftar, ntar setelah daftar ntu mngkin d kasih tw atributnya
    soale biasanya ospek nya d bagi tiga, universitas, fakultas dan jurusan😀
    nah, ntu atributnya jg beda-beda..hehe

  32. catt says:

    iya mas hehe
    thanks yah , aku save tar aku sms😀

    oala🙂
    oh gituu , banyaknya ampek 3
    beda2 ?
    buseeet dah , moga aja ga ribet haha

    daftarnya sampai kapan ya mas ?

  33. enviroleeb says:

    ampe tgl 20an…ntar kabarin aja klo mo daftar..
    kan ngak ad sodaranya ato temen😀

    Iya ga terlalu ribet kok😀
    ikutin aja…

  34. catt says:

    oalaa yaya
    iya deh , tar aku kbarin klo uda sampe d jogja dgn selamat😀

    iya deh , ngikut kata senior haha

  35. enviroleeb says:

    hehehehe…😀 bs ja😛
    Sampai bertemu di Jogja Never Ending Asia

  36. catt says:

    hehe

    oke deh😀

  37. enviroleeb says:

    😀

  38. Reza says:

    Hatur nuhun gan infonya, sekarang dah jelas OSPEK tu tgl 7 September😀

    Salam kenal sayah maba dari jurusan Teknik Lingkungan

  39. enviroleeb says:

    Salam kenal kembali.😀
    Alhamdulillah sudah pasti tanggal 7 September itu🙂

  40. thea says:

    : saya kembali kak😀
    alhamdulillah udah lega skarang, udah tau jadwal.
    saya ambil HI, kak. saya dari kaltim. jauh kan… hahaa

  41. enviroleeb says:

    Hehehehe….iya nih menghilang di tengah-tengah komen..haha
    Owh dari HI toh…bagus tuh😀
    Syukurlah, udah daftar ospek univ ma fakultas to?

Tinggalkan Komentar Anda Disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s