Pentingnya Menulis

Menulis, memiliki sejuta manfaat. Demikian penulis mengumpamakan banyaknya manfaat yang di dapatkan dari kegiatan menulis.  Ada tiga alasan yang menjadikan menulis itu penting. Pertama, agar ilmu tidak hilang. Jika ilmu diibaratkan hewan buruan, maka menulis adalah tali kekangnya. Agar hewan buruan tidak kabur, mesti ada tali kekangnya. Demikian pula dengan ilmu dan menulis. Kedua, kita menulis untuk mengoptimalkan otak kanan. Otak kanan ini yang berfungsi untuk hal-hal “non-logical”, semacam mempertajam perasaan, misalnya  menumbuhkan rasa empati, meningkatkan sensitivitas, meningkatkan kreativitas, dll. Ketiga, menulis itu untuk mengurangi tacit knowledge. Tacit knowledge adalah ilmu/kelebihan seseorang yang sulit ditransfer kepada orang lain.

Betapa penting menulis itu, Sebagaimana diungkapkan James W Pennebaker, Ph.D, dan Janet Seager, Ph.D, dalam jurnal Clinical Psychology bahwa orang yang memiliki kebiasaan menulis umumnya memiliki kondisi mental lebih sehat dari mereka yang tidak punya kebiasaan tersebut. Dimana menulis dapat menjadi tempat menyalurkan perasaan dan pendapat daripada disimpan yang mana malah dapat menyebabkan seseorang menjadi sakit secara fisik dan mental. Selain itu James juga menjelaskan dalam bukunya yang berjudul “Opening Up: The Healing Power of Expressing Emotions“ kondisi mental orang – orang yang terbiasa mengekspresikan emosi atau unek-unek dengan menulis, lebih stabil dibandingkan orang yang tidak biasa menulis.

Selanjutnya menulis bermanfaat sebagai sarana untuk menyimpan memori. Manusia memiliki keterbatasan dalam mengingat untuk itulah menulis menjadi sangat bermanfaat bagi perjalanan hidup manusia itu sendiri.

Menulis juga dapat melatih diri kita untuk berpikir secara tertib dan sistematis. Contohnya pada pembuatan laporan ilmiah, dimana penulisnya ditekankan untuk berpikir secara sistematis dan fokus pada permasalahan dengan batasan dan metodologi yang digunakan. Hal tersebut dilakukan agar pembaca dapat memahami isi dari laporan tersebut sehingga bermanfaat menambah informasi dan pengetahuan.

Menulis pun dapat meningkatkan kreativitas. Anggota tubuh yang paling cepat mengartikan sinyal-sinyal listrik otak salah satunya adalah tangan. Tanganlah yang paling dekat dengan otak sewaktu menulis. Tangan yang terlatih bekerja maka akan lebih kreatif dibandingkan tangan yang malas.

Pentingnya menulis perlu ditekankan pada berbagai kalangan masyarakat. Menulis tidak pandang buluh, mulai dari anak sekolah sampai orang dewasa pun dirasa perlu, mengingat manfaat yang ditimbulkan dari aktivitas ini. Berbagai media dalam menulis pun tidak jadi masalah mulai dari menulis pada secarik kertas hingga menulis dengan mengetik sesuai perkembangan teknologi sekarang ini pun tidak jadi masalah. Dan tentunya yang jadi permasalahan adalah bagaimana mulai dari sekarang sebagai generasi penerus bangsa, kita membiasakan diri untuk menulis. (Fairytale/EJ)

About CM Community

Terima kasih telah berkunjung ke Blog kami. Berminat menulis disini? Kirim tulisan anda segera ke envirojournal@gmail.com.
Gallery | This entry was posted in Motivation Story, Sastra. Bookmark the permalink.

One Response to Pentingnya Menulis

  1. Nurul Amin says:

    Tulisan yang bagus😀
    “Jika kamu ingin hidup abadi, maka menulislah”
    (pepatah sastra lama)

Tinggalkan Komentar Anda Disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s