Persepsi Korupsi Indonesia membaik…!!

Yogyakarta, 03 Agustus 2011-Corruption Perception Index (CPI) Indonesia menunjukkan peningkatan sejak tahun 2000 hingga 2010. Tahun 2000 tercatat CPI Indonesia mendapat skor 1, 7 dari 10 poin. Tahun 2010 meningkat menjadi 2.8 dari 10 poin.

Corruption perception Index yang dikeluarkan Transparency International dari tahun 2000-2010

Corruption Perception Index (CPI) adalah angka yang yang didapat dari pengukuran persepsi publik terkait korupsi di suatu wilayah. Variabel-variabel yang diukur disetiap wilayah sampai sekarang masih diperdebatkan.

Bisa saja bayaran yang dianggap sah menurut hukum satu negara, menjadi tidak sah diterapkan dinegara lain” Demikian salah satu alasan yang relevan terkait perdebatan ini.

Peningkatan CPI ini merupakan sesuatu yang baik bagi Indonesia. Namun, dengan CPI dibawah angka lima itu, Indonesia masih merupakan negara yang kotor.

Sementara itu, peningkatan CPI ini seakan tidak sejalan dengan realita yang kita lihat akhir-akhir ini. Pada tahun 2010-2011 kasus yang tuntas di tangani KPK (komisi pemberantasan korupsi) malah mengalami penurunan.

Masyarakat menilai, Setelah kasus Antasari Azhar, KPK menjadi mandul. Antasari Azhar yang kala itu menjadi ujung tombak KPK kini telah mendekam dipenjara, setelah kasusnya memiliki keputusan hukum tetap

Beberapa kasus besar seperti Bank Century, Mafia pajak, mafia peradilan dan lain-lainnya mati ditelan pengalihan isu. Belum lagi kita meneliti lebih jauh bagaimana korupsi yang terjadi di daerah. Raja-raja kecil di daerah hampir-hampir tidak terpantau dengan baik oleh penegak hukum.

+++++++++++++

Jika CPI Indonesia terus mengalami peningkatan, berbeda halnya yang terjadi pada peringkat Indonesia. Peringkat kita sangat fluktuatif. Hal ini terjadi karena jumlah negara yang disurvey oleh Transparency International selalu bertambah.

Peringkat Korupsi Indonesia (Semakin kecil semakin bersih)

Jika melihat diagram diatas, pada dasarnya peringkat Indonesia memang tak mengalami peningkatan yang berarti. Meskipun jumlah negara yang disurvey semakin banyak, Indonesia tetap saja berada diurutan belakang. (Nurul Amin/EJ)

About CM Community

Terima kasih telah berkunjung ke Blog kami. Berminat menulis disini? Kirim tulisan anda segera ke envirojournal@gmail.com.
Gallery | This entry was posted in All. Bookmark the permalink.

Tinggalkan Komentar Anda Disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s