Indahnya Ramadhan

Yogyakarta, 15 Agustus 2011-Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah, dimana umat Islam seluruh dunia menyambutnya dengan sukacita. Bulan penuh ampunan, menjadikan bulan ini menjadi sangat spesial bagi umat Islam yang menjalankan ibadahnya.

Begitulah pemahaman dasar yang umumnya. Sangat jarang kita memahami apa arti Ramadhan dan makna yang terkandung dari kata “Ramadhan” itu sendiri.

Ramadhan adalah kata yang terbentuk dari lima huruf, dan setiap hurufnya memiliki makna tertentu. Yaitu Ra : Rahmat (rahmat Allah), Mim : Maghfirah (ampunan Allah), Dhod : Dhommaun lil Jannah (Jaminan untuk menggapai surga), Alif : Amaanun minan nar (terhindar dari neraka), Nun : Nurullahi al azizi al hakim al ghaffuri ar rahim (Cahaya dari Allah Yang Maha perkasa, bijaksana, pengampun, dan pengasih)

Sabda Nabi Muhammad SAW dalam hadistnya : “Dari Abu Hurairah Ra, bahwa Nabi Muhammad SAW berkata, apabila Ramadhan telah tiba, telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah, pada bulan itu engkau diwajibkan berpuasa, pada bulan itu dibukalah pintu surga dan ditutuplah pintu-pintu neraka dan syaitan-syaitan dibelenggu, pada bulan tersebut ada satu malam yang lebih baik daripada seribu bulan, barangsiapa yang tidak mampu mendapatkan kebaikan Ramadhan itu maka haramlah baginya surga”. Diriwayatkan oleh Ahmad, An Nasa’i dan Baihaqi.

Indahnya bulan Ramadhan, bulan penuh berkah yang mengantarkan kita pada pintu surga, dalam hadist lain : “Dari Abu Hurairah Ra, Barangsiapa “Qiyam” (melakukan ibadah sholat dll) pada bulan Ramadhan disertai keimanan dan ihtisaban (karena Allah SWT dan hanya mengharap pahala dariNya) maka diampuni dosanya yang telah lalu”. Diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim

Ayo teman-teman umat Islam semua. Pada Ramadhan kali ini marilah kita melakukan ibadah dengan sebaik-baiknya ibadah. Kita perbaiki pribadi kita agar menjadi pribadi yang lebih baik dan religius, sehingga kita selalu merasa tenang dan tentram karena kita selalu dekat kepada Allah SWT. (Fairytale/EJ)

About CM Community

Terima kasih telah berkunjung ke Blog kami. Berminat menulis disini? Kirim tulisan anda segera ke envirojournal@gmail.com.
Gallery | This entry was posted in Cultural Herritage and tagged . Bookmark the permalink.

Tinggalkan Komentar Anda Disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s