Manfaat berpuasa di bulan Ramadhan

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa ” QS : Al-Baqarah : 183

Yogyakarta, 17 Agustus 2011-Puasa ternyata menyimpan manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh kita. Berpuasa pada bulan Ramadhan tidak hanya dapat membersihkan rohani manusia, tetapi juga jasmaninya.

Puasa merupakan obat penyembuh yang baik. Semua organ tubuh kita senantiasa digunakan, bahkan boleh dikatakan organ tubuh itu tidak pernah istirahat selama 24 jam. Dengan berpuasa, kita dapat mengistirahatkan organ pencernaan kita lebih kurang 12 jam setiap harinya.

Oleh karena itu, dengan berpuasa, organ dalam tubuh kita dapat bekerja dengan lebih efektif dan teratur. Berikut ini beberapa manfaat dari berpuasa selama bulan Ramadhan :

1) Menurunkan bobot tubuh

Berkurangnya pasokan energi bagi orang dewasa, membuat tubuh harus mencari energi yang tersimpan. Yaitu simpanan lemak dalam tubuh. Lemak ini akan dibakar untuk menghasilkan energi bagi tubuh. Tak heran bila selama 29 atau 30 hari berpuasa, bobot tubuh akan berkurang hingga sekitar 4 kg, bahkan diimbangi dengan perubahan bentuknya.

2) Mencegah terjadinya Stroke

Puasa juga dapat mengurangi resiko stroke karena daapt memperbaiki kolesterol darah. Beberapa penelitian yang dilakukan menunjukkkan puasa dapat meningkatkan HDI (High density lipoprotein) dan menurunkan lemak trigliserol (pembentuk kolesterol LDL-low densty lipoprotein-yang merusak kesehatan)

3) Menurunkan tekanan darah

Pada mereka yang memiliki tekanan tinggi, ringan, sampai sedang, dengan kelebihan berat badan, puasa dapat menurunkan tekanan darah. Namun konsultasi dengan dokter ahli tetap diperlukan untuk menyesuaikan pemberian obat

4) Membentuk sel-sel baru

Puasa juga berfungsi menghilangkan sel rusak dalam tubuh. Rasa lapar pada orang berpuasa membuatnya menggerakkan organ-organ internal dalam tubuh, dan “memakan” sel-sel yang rusak untuk mengganti rasa lapar. Setelah itu tubuh akan menggantinya dengan sel-sel baru, sehingga kembali berfungsi dan beraktivitas.

5) Mengurangi resiko diabetes

Bagi orang yang sehat, berpuasa dapat mengurangi resiko terkena penyakit diabetes tipe 2. Hal ini terjadi karena pengurangan konsumsi kalori secara fisiologis akan mengurangi sirkulasi hormon insulin dan kadar gula darah. Dengan pengontrolan gula darah yang baik akan mencegah penyakit diabetes tipe 2, yang disebabkan hormon insulin tidak sensitif lagi mengontrol gula darah

6) Menyeimbangkan kadar asam dan basa dalam tubuh

7) Memperbaiki fungsi hormon yang diperlukan dalam berbagai proses fisiologis dan biokimia tubuh

Pada saat puasa kita dianjurkan untuk sabar dan menghindari marah. Hal ini membuat fungsi hormon berjalan normal dan irama hidup menjadi lebih harmonis

++++++++++++++

Ternyata puasa memiliki manfaat luar biasa bagi tubuh kita. Namun, alangkah lebih baiknya jika kita berpuasa disertai dengan niat bertaqarub kepada Allah SWT karena dengan begitu kita akan mendapat pahala dan ditinggikan derajat ketakwaan kita. Amin (Fairytale/EJ)

About CM Community

Terima kasih telah berkunjung ke Blog kami. Berminat menulis disini? Kirim tulisan anda segera ke envirojournal@gmail.com.
Gallery | This entry was posted in Motivation Story, Sastra. Bookmark the permalink.

Tinggalkan Komentar Anda Disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s