Mental Pengusaha untuk Memajukan Bangsa

Yogyakarta, 17 Agustus 2011-Mengapa Indonesia belum maju? Menurut sumber, suatu negara akan maju apabila lebih dari 2% dari jumlah penduduknya adalah pengusaha.

Mental pengusaha belum ada pada masyarakat kita. Kebanyakan kita memilih untuk bekerja pada orang lain, ataupun bekerja di perusahaan. Misalkan begini : Jika satu orang memiliki sebuah usaha, anggaplah usaha rumahan, atau usaha kecil-kecilan, mungkin dia akan mempekerjakan satu orang atau lebih. Bukankah ini jauh lebih baik?

berbicara soal mental bangsa, hal ini juga kebablasan. Anak-anak kita dari kecil seudah diracuni dengan pemikiran yang tidak logis.

Contoh sederhana : “Eh nak, kamu jangan maen disitu!,  entar sisembunyiin hantu lho…”

Kalimat seperti ini lalu akan merusak pikiran si anak, karena terlalu sering, akhirnya si anak tumbuh dengan rasa takut yang berlebihan dan tak berdasar

Kita lebih sering mengatakan tidak (penolakan) kepada anak kita daripada mengatakan ya (motivasi) ! Anak jago matematika didukung habis-habisan, sementara anak yang jago memimpin teman-temannya kadang sama sekali tidak diperhatikan. Padahal ini adalah anak otak kanan (otak kanan ini fleksibel)

Anak kreatif akan membuat negara ini maju. Lihatlah jepang, mereka adalah bangsa yang kreatif, mereka mampu meninggalkan kita 100 langkah

Sistem pendidikan kita pada dasarnya tidak memperhatikan golongan “anak otak kanan”. Hanya di TK kreatifitas diajarkan semaksimal mungkin. Selebihnya di SD, SMP, SMA, bahkan di perguruan tinggi kita lebih mengoptimalkan otak kiri.

Coba perhatikan anak-anak yang disuruh menggambar. Pasti gambarnya dua buah gunung, sawah, jalan tengah, dan satu rumah.

Jepang itu kreatif karena mereka mengasahnya dengan belajar menulis huruf kanji sejak kecil. Itu menurut saya lebih dari sekedar seni lukis.

Kita suka sekolah, tapi malas belajar. Bangsa yang maju, malas sekolah, tapi rajin belajar. Lihatlah Einstein, Thomas Alfa edison, Bil Gates, dan Mark Zuckenberg. Mereka orang-orang putus sekolah yang rajin belajar.

Oleh :
Abrar Ibrahim
Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Jambi
Jurusan Kesehatan Lingkungan 

About CM Community

Terima kasih telah berkunjung ke Blog kami. Berminat menulis disini? Kirim tulisan anda segera ke envirojournal@gmail.com.
Gallery | This entry was posted in Motivation Story and tagged . Bookmark the permalink.

Tinggalkan Komentar Anda Disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s