Kesaktian Pancasila

Yogyakarta-Tanggal 01 Oktober merupakan hari yang bersejarah bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dimana pada tanggal 01 Oktober 1965, ideologi negara kita, yaitu Pancasila berhasil dipertahankan oleh putra-putri terbaik bangsa Indonesia.Kemudian tanggal itu terus kita peringati sebagai hari Kesaktian Pancasila.

Sekilas melihat sejarah yang melatarbelakangi peristiwa tahun 1965 tersebut, dimana pada tanggal 01 Oktober dini hari, setelah tengah malam, telah terjadi penculikan terhadap jendral-jendral TNI angkatan darat oleh satu pihak yang ingin mengganti ideologi bangsa ini dengan ideologi lain. Kemudian pada siang harinya, oleh putra-putra terbaik bangsa, percobaan penghianatan terhadap ideologi bangsa itu berhasil dipadamkan.

Dewasa ini, Pancasila masih terus menjadi ideologi Bangsa kita Indonesia. Tapi nilai-nilainya terus dirongrong dan digerus oleh ideologi-ideologi lain yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Bangsa kita ini membutuhkan tangan-tangan muda dari generasi penerus bang sa untuk terus mempertahankan ideologi Pancasila agar dapat terus berdiri tegak di Bumi Indonesia

Kita sebagai generasi penerus bangsa berkewajiban untuk terus menanamkan nilai-nilai Pancasila, karena untuk mempertahankan ideologi bangsa ini, kita telah mengorbankan banyak hal. Jiwa raga, materi, waktu dan lain-lain. Oleh sebab itulah, sudah semestinya kita memegang teguh dan mengamalkan ideologi Pancasila ini dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara agar pengorbanan yang besar untuk mempertahankannya tersebut tidak terbuang sia-sia.

Memperingati hari Kesaktian Pancasila secara simbolis saja tidak lah cukup untuk mempertahankan nilai-nilai pancasila. Dibutuhkan kerja keras dan praktek langsung dalam kehidupan sehari-hari, dalam setiap sendi-sendi kehidupan itu sendiri agar nilai-nilai Pancasila yang telah dipertahankan dengan nyawa dan darah putra-putri bangsa dapat terus bertahan dan berkembang subur di bumi pertiwi Indonesia ini

Untu itulah, melalui peringatan hari Kesaktian Pancasila, kita segarkan lagi ingatan kita akan sejarah munculnya hari Kesaktian Pancasila, lalu kita jadikan pengetahuan sejarah itu sebagai dorongan semangat untuk terus mempertahankan dan terus mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam hati, perkataan, dan perbuatan kita, baik sebagai individu maupun kelompok. (Nurul Amin/EJ)

About CM Community

Terima kasih telah berkunjung ke Blog kami. Berminat menulis disini? Kirim tulisan anda segera ke envirojournal@gmail.com.
Gallery | This entry was posted in Histrory. Bookmark the permalink.

Tinggalkan Komentar Anda Disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s