Dibawah Lentera Merah, oleh Soe Hok Gie

Sebuah catatan sejarah masa-masa awal munculnya gerakan sosialisme modern di Indonesia

Dibawah Lentera Merah adalah rubrik dalam Soeara Ra’jat dibawah Darsono dimana kritik tajam kepada kolonial dilontarkan


Buku ini diterbitkan oleh FRANTZ FANON FOUNDATION diterbitkan pertama pada tahun 1990. Dihalaman penerbit tertulis : Bagi yang ingin memperbanyak dalam bentuk apapun tanpa harus minta izin (unit pelayanan Gerakan anti Pembodohan).

Buku 58 lembar ini merupakan skripsi yang diajukan untuk menempuh ujian Sarjana Muda di Fakultas Sastra, Universitas Indonesia pada Jurusan Sejarah. Penulisnya, Soe Hok Gie adalah salah satu tokoh gerakan 66 yang menumbangkan Rezim Soekarno. Dia juga adalah otak dibalik long march mahasiswa dari Salemba ke Rawamangun pada tahun 1966 tersebut. Skripsi ini dibuat pada tahun 1964, dua tahun sebelum meletusnya gerakan 66.

Dibawah Lentera Merah bercerita tentang Riwayat Syarikat Islam Semarang tahun 1917-1920. Masa itu adalah masa-masa awal lahirnya gerakan sosialisme modern di Indonesia sampai lahirnya Partai Komunis Indonesia (PKI) pada Mei 1920.

Dalam buku ini digambarkan secara ilmiah bahwa kelahiran sosialisme di Indonesia bukanlah pengaruh dari luar. Melainkan karena kemiskinan dan kemelaratan rakyat yang merajalela pada tahun-tahun tersebut.

Syarikat Islam yang semula merupakan organisasi islam kaum menengah yang berfokus pada perdagangan untuk membendung para pedagang Tiong Hoa diubah secara bertahap menjadi organisasi sosialis oleh Semaoen.

Lama kelamaan kaum menengah di Syarikat Islam Semarang menyingkir dan digantikan oleh kelas buruh dan tani. Sejak itu Syarikat Islam Semarang berubah menjadi gerakan sosialis.

Syarikat Islam Semarang getol melakukan pemogokan kaum buruh percetakan, kalangan petani dan lain-lain. Kondisi melarat dan penuh tekanan pemerintah saat itu menyebabkan doktrinisasi sosialis di Syarikat Islam Semarang menjadi subur dan lancar.

Perkembangan selanjutnya, Syarikat Islam Semarang mulai memperluas jaringannya hingga dapat mempengaruhi Central Syarikat Islam menjadi gerakan sosialis. Usaha-usaha Semaoen dkk untuk mengubah wajah Central Syarikat Islam ini memerlukan proses panjang, berliku-liku dan tidak mudah.

untuk lebih jelasnya, anda dapat membaca langsung. Bagi penulis, secara pribadi buku ini sungguh luar biasa. Singkat dan padat dalam menggambarkan potongan sejarah yang sulit dijumpai. Tulisan anak bangsa yang orisinil dan tidak memihak, dengan acuan referensi yang cukup banyak. Bagi yang berminat dapat menghubungi penulis di email : bluesky070067@gmail.com. Gratis (Nurul Amin/EJ)

About CM Community

Terima kasih telah berkunjung ke Blog kami. Berminat menulis disini? Kirim tulisan anda segera ke envirojournal@gmail.com.
Gallery | This entry was posted in Sastra. Bookmark the permalink.

Tinggalkan Komentar Anda Disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s