Hati-Hati Memilih Kampus (Pengantar Penulis)

PENGANTAR PENULIS

Melalui buku ini saya mencoba menelanjangi dunia pendidikan tinggi di Indonesia. Jika terlihat tidak terlalu terbuka, atau kurang vulgar, maka tugas anda lah untuk menjadikannya vulgar, sehingga banyak orang akan terangsang dan bereaksi atas ke-vulgar-an itu.

Kesalahan sistem secara teknis masih mudah untuk diperbaiki, tetapi kesalahan para pelaksana sistem lah yang susah diperbaiki. Perbaikan atas kesalahan pelaksana sistem membutuhkan waktu lama, karena hal ini memerlukan perbaikan menyeluruh pada karakter, prinsip, dan sudut pandang manusia Indonesia secara mendasar.

Buku saku ini diperuntukkan bagi anda-anda yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi, baik itu jenjang sarjana ataupun pasca sarjana. Tetapi lebih dikhususkan bagi anda yang ingin melanjutkan ke jenjang sarjana. Mengapa? Karena ketika anda ingin melanjutkan ke jenjang pasca sarjana, biasa anda tentu sudah mengetahui apa yang ada di jenjang sarjana dan tidak aneh lagi dengan segala hal tentang perkuliahan. Sementara para siswa barangkali kebanyakan belum tahu tentang berbagai hal di jenjang sarjana.

Buku saku ini dimaksudkan sebagai langkah preventif atau pencegahan sebelum anda benar-benar menyesali pilihan anda, sebelum anda membuang-buang banyak uang dan waktu di perkuliahan, sebelum keringat anda atau orang tua anda jatuh bercucuran dengan sia-sia untuk membiayai kuliah anda.

Buku saku ini mungkin juga bisa dijadikan bahan perenungan, entah bagi siapa. Tentunya bagi mereka yang bertujuan untuk kemajuan, dan atau bagi mereka yang peduli akan kemajuan pendidikan tinggi. Atau bagi mereka yang telah salah pilih yang ingin mengevaluasi lagi mengapa anda bisa salah pilih.

Buku saku ini juga barangkali hanya kumpulan kertas yang tak berguna jika anda tidak berusaha memahami realita yang terjadi di pendidikan tinggi kita. Mungkin tidak semuanya, tapi pastinya terjadi dibanyak kampus.

Buku saku ini tidak dimaksudkan untuk men-diskredit-kan salah satu atau sebagian besar perguruan tinggi, tidak juga untuk membanggakan salah satu atau sebagian besar lain perguruan tinggi, tidak juga untuk mengatakan bahwa kualitas pendidikan tinggi kita jelek. Buku saku ini hanya sebagai langkah preventif yang menjadi bacaan alternatif anda sebelum menentukan pilihan yang tepat. Tidak ada salahnya anda mempersiapkan sesuatunya dengan susah payah tetapi kemudian hari anda tidak menyesal dengan pilihan itu, daripada anda terburu-buru menentukan pilihan dengan cepat tetapi kemudian anda menyesal seumur hidup atas pilihan anda yang salah dan tak bisa diperbaiki.

Bagi sebagian orang, terutama orang dengan tingkat ekonomi pas-pasan, suatu pilihan akan berimplikasi jangka panjang. Dan biasanya tidak banyak pilihan bagi orang dengan ekonomi pas-pasan. Penyebabnya tentu adalah masalah keuangan. Nah, bagi orang yang tergolong pada tingkat ini, cermat, teliti dan hati-hati dalam menentukan pilihan adalah sebuah kewajiban. Apa anda ingin menggadaikan masa depan anda di instusi yang tidak jelas arah dan tujuannya? Tentu tidak kan?

Lanjutan 7 Desember 2011 04.53 pm

Nah, bagi anda, mengeluarkan uang beberapa ribu rupiah untuk membeli buku ini tentu tidak berat. Begitu harapan saya.

Pepatah kesehatan mengatakan “ Lebih baik mencegah daripada mengobati”. Pepatah ini juga yang menjadi motivasi saya untuk membuat dan menyelesaikan buku ini secepatnya. Momentum awal tahun adalah momentum yang tepat untuk meluncurkan buku ini, karena pada saat itulah dimulai pendaftaran mahasiswa baru di kebanyakan perguruan tinggi di tanah air, begitu juga di Yogyakarta.

Sebagai akhir kata dari pembukaan ini, saya berharap buku yang tipis dan kecil ini dapat memberi manfaat yang maksimal bagi anda yang membacanya. Jika terdapat kekeliruan, atau kata-kata yang tidak sepantasnya, saya harapkan maaf dari anda. Percaya dan yakinlah, dasar dari penulisan buku ini adalah untuk mencegah kekecewaan anda dikemudian hari, dan tentunya untuk kemajuan pendidikan tinggi kita secara umum seperti yang telah saya singgung diatas.

Salam
Penulis

Nurul Amin

About CM Community

Terima kasih telah berkunjung ke Blog kami. Berminat menulis disini? Kirim tulisan anda segera ke envirojournal@gmail.com.
Gallery | This entry was posted in Buku and tagged . Bookmark the permalink.

Tinggalkan Komentar Anda Disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s