Hati-Hati Memilih Kampus (Lihat Materi promosi)

LIHAT MATERI PROMOSI, BAIK LISAN, TULISAN MAUPUN AUDIOVISUAL

APAKAH PENJELASAN DI MEDIA PROMOSI DAN DI SERVICE CENTER SUDAH LENGKAP DAN MENYELURUH?

Promosi yang dilakukan penyedia jasa pendidikan merupakan gerbang awal bagi terbukanya kemungkinan adanya pendaftar atau pemakai jasa. Perhatikan content-content yang dimuat dalam promosi. Penjelasan yang baik haruslah penjelasan yang lengkap dan menyeluruh.

Sebagian besar lembaga pendidikan, penyedia jasa, ataupun perusahaan pada umumnya akan menjelaskan segala kebaikan dari lembaganya. Meskipun kadang kebaikan yang dimiliki itu memang sudah menjadi keharusan untuk mereka miliki, tetapi poin ini selalu di-eksploitasi habis-habisan. Kadang dibesar-besarkan, dan perhatian calon konsumen akan difokuskan pada kebaikan ini, agar tidak ada celah untuk melihat sisi yang lain dari poin promosi ini.

Cobalah berpikir dan berpandangan luas. Menilai sesuatu dari sudut pandang terbalik. Jika lembaga pendidikan yang sedang berpromosi hanya memberikan yang baik-baiknya saja, maka tanyakanlah yang bertolak belakang dengan kebaikan tersebut.

Untuk mencari informasi yang tidak ada di dalam promosi, anda biasanya dituntut untuk sedikit berpikir, banyak bertanya dan mencari sendiri. Identifikasi informasi-informasi yang ingin anda ketahui, datanglah ke kampus untuk bertanya, atau jika tidak mungkin, maka carilah orang yang mungkin tahu lebih banyak tentang lembaga pendidikan yang ingin anda masuki.

Informasi yang anda dapatkan haruslah seimbang. Oleh sebab itu, orang yang anda tanya juga sebaiknya beragam, tidak hanya dari satu jurusan, tetapi dari berbagai jurusan. Tidak hanya mahasiswa aktif, tetapi juga alumni yang sudah merasakan kuliah di lembaga pendidikan yang anda inginkan itu.

Beberapa lembaga pendidikan yang nakal bisa saja mencantumkan materi promosi yang fiktif. Misalnya dosen yang mengajar, tempat belajar, pekerjaan alumni, dan lain-lain. Untuk memverivikasi kebenaran media promosi dari suatu lembaga pendidikan yang kini sampai ditangan anda, memang membutuhkan waktu ekstra, tapi sebenarnya tidaklah terlalu sulit.

Misalnya untuk menanyakan apakah dosen yang bersangkutan, dengan sekian titel dibelakang namanya yang panjang, benar-benar mengajar di program studi tertentu, anda dapat menanyakan mahasiswa yang masih aktif di program studi tersebut. Beberapa sampel mahasiswa aktif lintas angkatan mungkin dapat membantu anda. Demikian halnya tentang tempat belajar dan materi promosi yang lain.

Penelusuran akurasi dan validasi media promosi dari lembaga pendidikan tertentu ini membutuhkan waktu lebih dari satu hari. Jadi jika anda benar-benar serius untuk melanjutkan pendidikan di pendidikan tinggi, maka sejak beberapa bulan sebelum mendaftar, anda harus sudah mencari informasi yang tepat dan efektif.

Betapa pentingnya membuktikan kebenaran dari media promosi, hingga hal ini dapat dikatakan sebagai tugas pertama anda sebelum kuliah. Banyak orang yang masuk di kampus tertentu karena tertarik dengan media promosi yang dilakukan. Misalnya tertarik dengan harga yang murah, jaringan alumni yang kuat, kemudahan dan luasnya lapangan kerja, kebebasan berorganisasi dan menyalurkan kreatifitas di kampus, kampus yang bagus dan mewah, dan lain-lain.

Namun tidak sedikit pula yang merasa tertipu dengan promosi yang dilakukan suatu lembaga pendidikan, terutama setelah menjalani sendiri kuliah di lembaga pendidikan tersebut. Banyak mahasiswa yang telah terlanjur masuk dan tidak mungkin lagi untuk keluar atau pindah, karena biaya untuk pindah tidaklah murah. Lagipula, pindah kampus berarti mengulang dari awal lagi, ini artinya anda rugi waktu dan biaya lagi.

Anda tentu tidak mau menjadi salah satu mahasiswa yang kecewa di kemudia hari kan? Jika anda mau, maka silahkan masuk semaunya, dan anda rasakan sendiri penyesalan beberapa tahun kemudian.

Informasi yang lengkap dan menyeluruh membantu calon konsumen mendapatkan informasi yang benar. Informasi ini dapat digunakan oleh konsumen untuk mengatur perencanaan yang detail, selain itu juga bisa menjadi dasar bagi konsumen untuk memilih produk tertentu yang ditawarkan oleh lembaga pendidikan.

****************************

About CM Community

Terima kasih telah berkunjung ke Blog kami. Berminat menulis disini? Kirim tulisan anda segera ke envirojournal@gmail.com.
Gallery | This entry was posted in Buku. Bookmark the permalink.

Tinggalkan Komentar Anda Disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s