Metamorfosis Environment Journalist

Yogyakarta-02 April 2011-Pada saat berdiri, organisasi komunitas ini bernama Environment Journalist. Saat itu terhitung sejak 11 April 2011 sampai 18 Januari 2012. Pada tanggal 19 Januari, berdasarkan rapat anggota, organisasi ini berubah nama menjadi CRYSTAL. Lalu hari ini, tanggal 1 April 2012, nama CRYSTAL ditambahkan Community of Environmental Citizen Journalists and Amateur Writers sebagai penjelasan baku dibelakang nama komunitas.

Begitulah organisasi komunitas ini bermetamorfosis seiring pasang surut kondisi di dalam organisasi. Pada saat mengusung nama Environment Journalist, komunitas ini berorientasi universal. Lalu saat berubah menjadi CRYSTAL, organisasi ini akan diarahkan untuk masuk ke Fakultas. Kini dengan tambahan nama itu, diharapkan komunitas ini lebih dapat mengeksporasi bidang sastra dan ilmiah dalam kegiatan menulis dan menerapkan cara-cara jurnalistik warga dalam pelaporan.

Kata “Amateur” atau amatir dimaksudkan untuk membatasi diri bahwa komunitas ini masih bersifat amatir, bukan profesional. Hingga lebih memberi kebebasan dan mengurangi tekanan bagi anggota dalam menghasilkan karya.

“Ya bisa dikatakan ini adalah revitalisasi di komunitas ini” Ujar Nur Suci Larasati, salah satu anggota CRYSTAL.

Diharapkan metamorfosis ini semakin meningkatkan kinerja organisasi. Privatisasi, Reorganisasi dan Restrukturisasi di dalam komunitas merupakan efek langsung dari proses metamorfosis ini.

“Moga-moga kita semakin aktif dan produksi bisa berjalan lancar” Kata Aminuddin menambahkan.

Ke depannya, dengan adanya metamorfosis ini, CRYSTAL akan lebih mengeksporasi seni grafis dan sastra, selain juga tetap melakukan reportase masalah-masalah lingkungan terkini. Kajian, diskusi, dan pelatihan kecil-kecilan juga akan ditingkatkan di lingkungan anggota CRYSTAL.

“Untuk sementara kita akan fokus pada seni grafis dan sastra dulu, soalnya kita memiliki anggota yang bisa dikonsentrasikan segera ke bidang itu” Ujar Aminuddin dan Laras senada.

Untuk diketahui, sejak bulan Januari, secara organisasi, CRYSTAL mengalami ke-vakum-an. Meski ketika itu sudah dibahas mengenai Logo, Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga, dan Garis Besar Haluan Kerja komunitas, tetapi kinerja keorganisasian nyaris stagnant. (CRYSTAL)

About CM Community

Terima kasih telah berkunjung ke Blog kami. Berminat menulis disini? Kirim tulisan anda segera ke envirojournal@gmail.com.
Gallery | This entry was posted in All. Bookmark the permalink.

Tinggalkan Komentar Anda Disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s